Tuesday, October 21, 2008

Facts about SQ

Beberapa fakta tentang Singapore Airlines, berdasarkan pengalaman sih, rasanya perlu dicatat...

1. Pertama kali ke Jepang 5 tahun yang lalu utk Packaging Seminar, dari Singapore ke Nagoya ketika ditawarin makanan, aku salah milih menu. Memang belum disajikan sih, baru inquiry aja si pramugara nya (yang keliatan nya chinese dan udah pasti non muslim). Dia langsung tanya, are you muslim ? yes, sorry menu ini ada babinya. bolehkah saya ganti pilihan anda dengan muslim food ? ya iya lah.. akhirnya pak Giarto juga ikutan, walaupun pak Gi sebenarnya gak papa..

2. Kalo chek in, sebenarnya gak perlu pake tiket. cukup passport aja tunjukin. Even kita cuman nyebutin nama doang (gak pake passport), mereka akan kasih itu boarding pass. Udah pernah dicoba ama temen waktu di sing dulu. Begitu juga dengan Krisflyer, gak ngasi kartunya pun gak papa..

3. Somehow, pernah bagasi lebih dari 20kg. sebenarnya sih sampe 30 kg gak papa. tapi waktu itu sampe 38 kg. tinggal pasang mimik memelas aja deh.. kayaknya masih bisa lolos deh.. waktu itu bawa persediaan susunya Anas yang bikin berat...

4. Point Krisflyer sangat berguna. Lebaran tahun lalu, Singapore-Balikpapan pake Silk Air kami bertiga bisa pp. Bahkan waktu balik ke Jakarta Desember yang lalu, masih cukup poinnya untuk dapetin satu tiket gratis..

5. Temen di TMAP dulu pernah komplain karena kopernya rusak.. eh diganti baru tuh..

6. Muslim food nya bisa served, walaupun katanya kalo jalur Jakarta-Singapore pasti halal. Tapi ingat loh, kayak Thai Airways itu belum ada sertifikat halalnya.. Garuda ? wah pernah aku minta muslim food malah diketawain, konon Garuda halal semua.. mbuh lah... Muslim food akan sangat berguna terutama kalo terbang ke negara seperti Filipina, Vietnam, Jepang dll...

7. Gara-gara minta muslim food waktu dari Singapore ke Jakarta, mungkin pramugarinya lupa ngasi sampe mendarat. I filed a complaint, dan rupanya ditanggapi. Dikirimi permintaan maaf, disertai voucher inflight sales US$50. Lumayanlah, buat beliin Fitta parfum.. hihihi..

8. Dulu ada 2 kali sehari penerbangan Jakarta-Singapore yang istilahnya Economy Executive. (sekarang ada apa gak, gak tau deh). pake Airbus A320 (kalo gak salah...). kursinya lebar dan lega banget. 2 - 4 - 2 formasinya.. layar filmnya juga lebar. puas lah pokok'e.. tapi kenapa justru yg penerbangan jarak agak jauh gini gak ada airbus ya ??

9. Executive lounge nya.. ya mewah lah.. kalo ada yang semangat dan makannya banyak, kayaknya orang Indonesia deh..

10. Jam di boarding pass, kalo di Indonesia itu bener jam boarding. tapi kalo di Singapore, kayaknya itu jam take off deh.. CMIIW

11. Filmnya selalu baru. kalo terbang jarak dekat, mending bawa earphone.. karena gak dapet pinjeman..

12. Jakarta Nagoya lebih murah harganya naik SQ daripada naik Garuda

13. Kalo mau enak, mendingan pilih kursi lewat internet check-in. bisa milih depan-belakang, aisle-window.. ntar di airport tinggal masukin bagasi doang..

Nagoya, 22 Oct 2008 19:36

Papanya Anas&Aziz