Saturday, October 25, 2008

Recycle shop

Kalau di Singapur, kita lazim denger recycle shop walaupun gak banyak.. yang aku pernah datengin ya Cash Converter. Ada yang di Toa Payoh (beberapa barang belanja disana), Ang Mo Kio (gak ada yang disukai), Bedok (gak ada yg cocok juga) dan Punggol..(nah agak banyak belanja disini, karena barang-barangnya masih lumayan bagus). Sayangnya sadar ttg adanya cash converter cuman beberapa saat sebelum balik ke Indo.. unfortunately..

Di Nagoya, recycle shop seperti ini ada macam-macam. Ada yang khusus hardware (elektronik), buku, furniture dan lain-lain. Karena begitu 'oon' nya, aku lupa bawa charger kamera. Dan di toko Big Camera (toko elektronik yg sangat besar dan lengkap) di utara nagoya station harga charger DMC-FX01 hampir 450rb. Aku pikir lebih baik beli kameranya sekalian lah.. nanggung amat. Akhirnya hari minggu seminggu yg lalu (19 Oct), aku nyari dimana lah ada 'Hard Off' terdekat dari hotel. Ternyata internet bilang di Ikeshita ada.. Dengan bersemangat abis sarapan langsung nekat ke subway. gak pake nulis di kertas dulu kek.. cuman modal ingetan. Pokoknya satu stasiun setelah Imaike turun, trus jalan ke arah timur.

Ndilalah, kok jalan muter-2 setelah turun di Fukiage gak membuahkan hasil. Akhirnya nyerah, balik lagi ke hotel (buang2 duit tuh..).. kali ini bawa catatan.. Ternyata kesalahan fatal adalah salah naik subway. Harusnya aku ambil line Higashiyama, turun di Ikeshita...

Ternyata turun di Ikeshita juga masih salah lagi, harusnya nyari jalan Kakouzan-dori eh.. malah ke arah sebaliknya. Untung ada biker lagi ngelamun. Tanya Kakouzan-dori dimana, ditunjukin ke arah sebaliknya.. Balik maning, setelah pegel jalan ketemulah sama 'Book Off' store.. Loh kok book off ? kan carinya kamera.. ya udahlah, kali kanji yang di google maps emang maksudnya book off, berarti gue yg salah artiin...

Koleksi di book off tertata rapi dan sangat layak jual. harga sih ya murahlah. tapi buat apa beli buku or majalah yg isinya kanji semua.. mo jadi orang aneh ??

Keluar dari book off, aku gak ke arah Ikeshita sta. lagi, tapi terus menyusuri Kakouzan-dori.. ternyata ketemu juga sama 'Hard off'. semangat lah ke sana.. yg penting ketemu, gak jadi frustasi.. hehehe..

Ada banyak barang disini, yg berbau elektronik sampe jam tangan. tapi fokusnya ke kamera yg aku liat, tertarik sama : Olympus mju 750 7.1MP harga 10.500 yen, Casio Z-60 6MP harga 12.600 yen, Casio S-500 6MP 10.500 yen, Sony DSC-T30 7.2MP harga 16.800 yen dan Canon Ixy 80015 gak keliatan berapa MP harga 15.750 yen. Harga yang benar2 miring kan.. Cuman masih gak yakin juga.. Apalagi nihon go amari hanasemasen, mo nanya kelengkapan kamera itu masih pada lengkap gak, dapet memory gak dan lain-lain agak repot. Akhirnya dgn berat hati kuputuskan ke Osukannon juga.. yah, emang belum ada yang ngalahin daya tarik Osukannon...

Di Osu, sambil tetap fokus ke barang yang dicari, dapet juga janjiku ke Anas untuk beliin pedang-pedangan. Model samurai sih, mungkin bayangan dia pedang yang punya Power Ranger itu. Gak papa lah, nih anak kalo dibujuk alus juga biasanya bakal ngerti..

Tujuan sebenarnya ke Berry's, karena sebelumnya disana ada kamera casio exilim dijual murah juga. sekitar 16000 yen, udah dapet case dan memory 2GB. Cuman pembanding perlu lah. Karenanya aku mampir ke Komehyo dulu. Rupanya Komehyo yg kumasuki bukan yang jual elektronik. Bah.. isinya baju, tas, jam tangan.. Geblek.. apa udah gak jual elektronik lagi yah ? Akhirnya karena perut dah keroncongan, tandanya udah jam 1 siang.. mampirlah nongkrong di Turkish Kebab dulu. Lunch kebab 500 yen cukuplah..

Selesai makan kupikir jangan langsung ke Berry's lah. Catatan : penjaga Berry's udah apal sama orang Indonesia. Malah asal nebak dia bilang 'kerja di Toyota ya'.. Artinya para pelancong maupun ICT Toyota langganan berat sama toko ini.. Hm.. Gengsi juga kalo gitu. Lebih baik ngobok-ngobok Akamon street dulu lah.. Aka=akai=merah, mon=gate. Diseberang Berry's memang ada gerbang khas Jepang bercat merah, sehingga jalan itu namanya Akamon.

Singkat cerita di Akamon street itulah aku jatuh cinta ama Panasonic Lumix DMC-FZ7 warna hitam. Dah gak pikir panjang kamera keluaran Feb 2006, second tentunya, kudapat dgn harga 17.980 yen. Nama tokonya Goodwill. Gak ada memory tentunya. Tapi aku gak khawatir, karena di toko sebelumnya aku lihat ada jual SD 4 GB harga cuman 800 yen.

Tanpa pikir panjang, balik lagi ke toko itu dan kubeli memory SD nya.. Puas dah, balik ke hotel. Langsung ngecharge batere dulu, trus coba masukin SD nya.. nah loh kok gak detect ? Di Lumix DMC-FX01 juga gak bisa. tapi coba di laptop gak ada masalah tuh..bisa terdeteksi, bisa read/write.. Setelah diperhatikan lagi.. Oalah.. ini SDHC 4GB. SDHC itu beda dengan SD card. SDHC adalah pengembangan dari SDcard. Beda secara fisikal adalah SDHC agar punya kemampuan simpan lebih banyak hingga 32GB, menggunakan metode FAT32. Sementara generasi sebelumnya pake FAT16. Otomatis hardware yang mendukung SD belum tentu bisa baca SDHC, karena perbedaan tersebut.. Yo wis lah, kalo ini namanya nasib. Pengen cari yg murah mulu, tapi gak teliti..

Oh ya, dalam perjalanan balik ke subway Ossu, ketemu juga sama Komehyo elektronik. untungnya harga kamera second yg sama di toko ini, lebih mahal hampir 2000 yen dibanding di goodwill. Jadi gak nyesel kan.. and So far kamera ini berfungsi baik.. gak mengecewakan juga beli second kalo memang barangnya masih bagus yah..