Tuesday, October 21, 2008

Nama

Nama adalah pemberian orang tua pertama kali kepada anaknya, yang (jika anaknya berkenan) akan selalu dipakainya seumur hidup. Emang sih ada yang saat dewasa merasa namanya kurang trendy, makanya diganti biar lebih keren.. hehehe...

Cocok-cocokan emang. dulu aku pun begitu. konon historynya, aku beberapa kali berganti nama karena sering sakit-sakitan. Kepercayaan waktu itu katanya "kabotan jeneng"..

Cari nama buat anak juga gampang-gampang susah.. menjelang detik-detik kelahiran Aziz, di ruang tunggu aku masih belum bisa mengambil keputusan. Sampai akhirnya, "Bismillah, aku pilih menamaimu anakku : Muhammad Aziz Ibrahim". Nama adalah doa orang tua kepada anaknya. Mengandung harapan besar akan masa depannya nanti.

Awalnya sih mbah Sumadi di Bpp, memberikan nama Muhammad Haris Ibrahim. Sontak nama haris menorehkan kenangan jaman kuliah dulu.. hahaha.. Rupanya Mamanya juga gak setuju. dulu punya temen nama Haris juga kurang gimana gitu..

2 malam menjelang Aziz lahir, kami berdiskusi juga dengan Mami.. Jadi ingat waktu Anas dulu. Nama Anas adalah pemberian Mami.

Memang memberi nama ada kaidahnya secara Islami. Nama yang dianjurkan, dimakruhkan sampai dilarang. Sebagai orang tua, sewajarnya kita bertanggung jawab penuh akan hal seperti itu..

1 comment:

Jun said...

Fitta..tahniah ya atas kelahiran aziz...lahir di hariraya lagi..! muga semuanya sihat selalu...selamat hariraya ya (belum terlewat kan? hehe)