Tuesday, July 3, 2007

Nasi Kebuli


gak kepikir klo bakal buat nasi kebuli,liat resepnya aja dah males,banyak banget ya bumbunya,itu yang dipikiranku,trus jinten aja aku g tau hikss..hiks..tapi baca blognya sefa aku malah tertarik pengen nyoba,kebenaran mo ada teman-teman main kesini,ya udah aku masakin.karena resep aslinya dari Mbak Ina,jadi nanya2 dulu ke suhunya takut gagal euy..ternyata..tra..ra..ra..berhasil,semua suka,yang paling senang waktu liat mereka nambah..duhhh seneng banget....(bener kata sefa resep mbak Ina emang TOB..biar mantaf jadi ganti B).bahannya aku ngikutin yang Sefa,tapi directionsnya ngikutin mbak Ina..gak ngerti aku cara Sefa lagian takut gosong hehhehe...thanks ya mbak Ina & Sefa

Bahan:
½ kg daging kambing (kaki depan), potong sesuai selera
½ kg beras brasmati(me beras biasa), rendam dengan air selama 30 menit,
1 sdt pasta tomat(me 1/2kg tomat diblender,diambil airnya saja)
8 buah cengkeh
6 buah kapulaga
1 batang kayu manis
½ bawang bombay ukuran sedang, cincang halus
3 sdt ghee
Safran(http://en.wikipedia.org/wiki/Saffron)
750 ml air panas
Garam dan gula secukupnya

Bumbu halus:
½ bawang bombay ukuran sedang
3 siung bawang putih
3 buah cabe merah
3 sdt ketumbar bubuk
1½ sdt jinten bubuk
½ sdt pala bubuk(me g pake kelupaan tadi)
1 ruas jari jahe
1 ruas jari lengkuas

Pelengkap:
Kismis, tumis sampai kismis mengembang
Natural yoghurt

Cara membuatnya:
1. Panaskan 2 sdt ghee. Tumis bawang bombay sampai layu, lalu tambahkan bumbu halus, cengkeh, kapulaga dan kayu manis; tumis sampai harum.
2. Masukkan daging kambing, masak sambil diaduk sampai air dari daging kambing habis dan keluar minyaknya.
3. Tambahkan air panas, masak dengan api kecil sampai daging kambing setengah empuk
.4. Masukkan airtomat dan safran. Aduk sebentar sampai air tomat larut, lalu masak kembali dengan api kecil sampai daging kambing empuk.
5. Tumis sebentar beras dengan 1 sdt ghee. Masukkan beras dalam rebusan daging kambing.Lakukan seperti kita mengaron nasi,aduk.
6. Kukus beras bersama kambingnya hingga matang kira-kita 15-20 menit
7. Angkat dan sajikan hangat2 bersama acar nenas(me g buat..gak bisa,jadi kita makan dgn pepes daging jagung manis hehhehe)

3 comments:

angin-berbisik said...

wah ibu pintar masak nih...hmmm nasi kebuli itu yummy banget...saya suka makannya, oh ini ya resepnya....saya minta ya bu...:) thanks

herisblog56 said...

ibu buka cafe kusus nasi kebuli pasti laris ris...

Dino Bambang said...

Nama saya Dino (married 42th).Dari dulu penasaran sama nasi kebuli, pengen banget bisa bikinnya. Saya pengen bisa belajar bareng sambil praktek. Soalnya kalo liat tulisannya, terus terang agak lemot..hehe takut salah..maklum insting masaknya kurang kuat. Mungkin yg bisa bantu saya, pls kontak di : dinodaffa@yahoo.com. (Hp 0812 988 22 126). Saya siap datang ke rumah bapak/ibu untuk belajar, karena kalo liat secara langsung lebih cepat pahamnya. Terima kasih.