Monday, November 12, 2007

Ice Cream


Bener-bener gak ada kerjaan ya, nyoba buat Ice cream,padahal tinggal melangkah ke depan sudah langsung bisa beli es krimnya, tapi tetep penasaran,akhirnya dapat 3 rasa coklat,vanila & rasa durian...yang durian bener2 mantaffff....tapi mungkin satu kali ini aja bikinnya..cape booo mesti 4x bolak balik ke freezer hehhehe...mungkin klo ada ice cream maker akan lebih mudah...
rasanya Enakkkk...
maaf bangettt aku gak tau resep siapa ini,taunya dapat dari milis NCC....

Bahan :
500 ml susu cair
500 ml krim kental(whip cream)
6 kuning telur
200 gr gula pasir
1/2 sdt garam

isi :
200 gr strawberry potong2(me..durian) + gula/madu secukupnya blender sampai halus
200 gr dark cooking coklat(DCC), potong2

Cara membuatnya :
1. Campurkan kuning telur dan 250ml susu,kocok dengan whisk,sisihkan
2. Panaskan krim, sisa susu dan gula sampai mencapai titik didih awal, matikan api
3. Masukan campuran telur kedalam adonan, tambahkan garam, aduk rata
4. Panaskan kembali adonansambil diaduk terus hingga cukup kental dan adonan melapisi bagian belakang sendok kayu(celupkan sendok kayu dan angkat,bila adonan melapisi bagian belakang sendok kayu,matikan api)
5. Aduk terus sampai uap hilang
6. Bagi adonan menjadi 2 (me..bagi 3)


* Untuk Strawberry(me..durian)
- Dinginkan adonan baru masukan strawberry yang sudah diblender
- Masukan kedalam freezer lk 2-3jam atau sampai bagian tepinya mengeras
- keluarkan dari freezer dan ulangi proses pengocokannya sampai 2-3x aau sesuai kehalusan yang diinginkan
- Setelah pengocokan terakhir masukan ke freezer min 4jam


* Untuk Coklat
- Masukan potongan DCC kebagian adonan es krim yang masih hangat sampai coklatnya leleh..aduk rata
- lakukan seperti no 2,3,4 # Strawberry


Note:
1. Klo dibikin satu lagi rasa vanila bisa menjadi neapolitan ice cream
2. Klo mau ditambah choco chip, kismis, biskuit/isian buah2an bisa ditambahkan pada pengocokan terakhir
3. Komposisi susu & Whip cream bisa diubah menurut selera/stok yang ada
4. Hasilnya lk 2lt