Friday, July 6, 2007

Laksan Palembang


Kebanyakan orang hanya mengenal pempek & tekwan makanan khas dari palembang,padahal banyak sekali macam2 makanannya yang terbuat dari ikan,salah satunya Laksan,makanan ini yang kurindukan saat hamil anas,selain pempek kulit hehheheh,untung melahirkan di Palembang jadinya tetap bisa merasakan nikmatnya laksan..rabu kemaren aku buat Laksan ini,pertama ngeliatnya mas langsung tanya,inikan pempek?waktu dicicipnya...ENAK..

Bahan: pempek lenjer resepnya disini

Kuah Laksan: 200 ml santan kara, 800 ml air , 75gr udang, buang kulitnya,cincang. 3 siung bawang putih,keprok,jangan terlalu halus, 5 siung bawang merah,haluskan. 6 cabe rawit(atau sesuai selera). merica secukupnya. garam secukupnya. gula secukupnya.

cara membuatnya: didihkan air dan santan kara,haluskan bawang putih,bawang merah dan cabe..tumis bumbu halus,sampe wangi dan kecoklatan,masukan udang sampe berubah warna,angkat dan sisihkan. masukan tumisan udang tadi ke santan+air tadi,masukan juga pempek lenjer yang sudah dipotong-potong.didihkan dan sampai pempeknya mengapung. Angkat dan sajikan..

1 comment:

Anisa said...

Laksannya menggoda, saya belum pernah makan ini nih...apalagi bikin...kayaknya enak dan asyik tuh.Mau donk icip2...apalagi diajari bikinnya.