Sunday, June 24, 2007

TIRAMISU recipe by Fatmah Bahalwan



ceritanya dah lama banget pengen bikin Tiramisu sendiri..di milis selalu ngomongin tiramisu yang enak ini,akhirnya beli bahan2nya...semua dah lengkap kecuali 1,si lady fingers kok kosong ya..tertunda deh bikinnya......


padahal mertua mo datang...akhirnya ke Jason ngecek kali aja si lady finger sudah ada...HORE....yang dicari akhirnya ketemu...Tie..ini resepnya ya...




TIRAMISU




Bahan:


250 gr keju mascarphone


300 ml Whipped cream


100 gr gula bubuk
1/2 sdt esence Vanili




4 btr kuning telur


50 gr gula kastor




Bahan lain:


2 sdm kopi instan(aku pake nescafe),cairkan dengan 150ml air hangat


1 sdm gula pasir


150 ml kahlua/rhum(optional,aku g pake)


20 bh lady fingers atau sponge cake coklat 2/3 lembar ukuran 22x22x3cm(aku pake lady finger n sponge cake,trus ukuran sponge cakenya diameter 20cm)




Garnish:


Whipped Cream dan coklat bubuk secukupnya..




cara membuatnya:






  1. Kocok keju mascarphone,sisihkan(aku pake merk polenghi,cuma di haluskan pake garpu )


  2. Kocok Whipped krim dan gula bubuk hingga kental dan kaku,sisihkan dalam kulkas agar tidak meleleh.


  3. Kocok kuning telur,gula kastor,dan vanili hingga kental,lalu lanjutkan mengocok diatas air mendidih(kocok tim)hingga telur hangat.Angkat,teruskan mengocok hingga telur kembali dingin.Matikan mikser.


  4. Keluarkan Whipped krim dari dalam kulkas.masukan keju mascarphone yg sudah dikocok,aduk rata(atau kocok dg mixer speed1),tuangkan pula kocokan kuning telur,aduk hingga rata benar.


  5. Ditempat lain campur gula,air kopi,dan rhum(optional)aduk rata,sisihkan.


Penyelesaian:






  1. Siapkan loyang bongkar pasang(aku pake uk.21cm) atau gelas saji,susun sponge cake /lady fingers(klo pake cup)didasar loyang,dan dipinggir loyang ditaruh lady finger,perciki cake dan lady fingersdengan air kopi hingga lembab.Tuangkan sebagian adonan mascarphone,ratakan.


  2. Susun lagi lady fingers/cake,buat 2/3susun(aku buat 2 susun)terakhir hias dgn whipped cream,lalu ayakkan coklat bubuk..


  3. Bekukan dalam kulkas selama 4jam(klo aku semaleman,kutaruh di chiller)


Selamat mencoba...rasanyaaaa enakkkk banget..gak bakal kecewa deh...recipe didapat dari milis NCC,klo males buat sponge cakenya..beli aja hehhehheh..




3 comments:

Imel said...

Waah yummy deh. Masih ada nggak? Gw dateng deh ke apt-mu :)

Fitta Arsista said...

udah habis mbak...:))
bikinnya dah lama penasaran,abis sering bgt diomongin di milis..

Aulia said...

Hehe emang wong palembang ..pinter nian masak...boleh tuh resepnya..