Saturday, June 30, 2007

Pempek



Bisa dibilang yang palinggg sering kubikin ya pempek dan tekwan,untungnya walaupun mas orang suroboyo dia suka sekali makan pempek termasuk anas..

Pempek Lenjer
Bahan:
500 gr daging ikan tenggiri,haluskan
250 cc air
3 siung bawang putih,keprok,haluskan
2 sdm garam
1sdm munjung gula
450gr sagu tani(klo pake tapioka dikurangi 50gr)

Cara Membuatnya:
aku bikinnya cara manual gak punya FP...
1. ikan dan air diaduk hingga tidak berbiji,aduk rata
2. masukan bawang putih,garam dan gula/sasa aduk rata kembali,setelah rata masukan ke dalam kulkas lk 30min(lbh lama juga blh)biar tercampur rata,dan hasilnya lebih enak
3. terakhir masukan sagu,aduk rata kembali(sebisa mgkn jgn terlalu banyak di uli,akibatnya bakal alot,perlakukan seperti kita membuat kue kering)




4. bentuk sesuai selera,mo lenjer kecil/besar
5. masukan di air yang mendidih(sebelumnya kita sudah masak airnya,jgn lupa tambahkan sedikit minyak di air rebusan biar tdk lengket)



6. angkat bila sudah mengapung..









2 comments:

Retno Prihadana said...

Fit, dicara membuatnya ada masukkan telor, terus di aduk. Adonannya pake telor atau hanya untuk tengahnya aja? (pempek kapal selam). Ngilerr abis deh...liat mpek-mpek, makanan favorit. Kemaren di rumah temen cuman ada mpek-mpek lenjer aja. Pengiiiinn!

Fitta Arsista said...

mbak,duh maaf,fitta baru baca ulang,adonannya gak pake telor mbak..telor itu untuk pempek telor..itu untuk tengahnya kapal selam,n pempek telor kecilll....klo punya fp enak mbak,krn g di uli hasilnya bakal lembut...